PENDIDIKAN AGAMA ISLAM & BP

Pertemuan 13 : Kisah Teladan Nabi Daud A.s.





Kisah Keteladanan Nabi Daud A.s.


3.12   Memahami kisah keteladanan Nabi Daūd A.s.

4.12  Menceritakan kisah keteladanan Nabi Daūd A.s. 



Melalui pemebelajaran jarak jauh ini siswa dapat :

1. Menjelaskan silsilah Nabi DaudAs.

2. Menyebutkan Sifat terpuji Nabi Daud As.

3. Menyebutkan mukjizat Nabi Daud As.



RASUL ALLAH IDOLAKU

KiSAH KETELADANAN NABI DAUD A.s


Assalamu'alaikum Wr. Wb

Bagaimana kabar anak sholeh sholehah?

Alhamdulillah semua dalam keadaan baik.

Hari ini kita akan belajar tentang kisah-kisah para Rosul Allah. kalian masih ingat berapa jumlah Nabi dan Rasul yang harus kita ketahui? Bagus.... jumlahnya semua ada 25 Rasul.

Sebagai anak sholeh dan sholehah kita harus mengetahui kisah-kisah para Rasul Allah yang sangat luar biasa, apalagi dengan berbagai macam sifat para Rasul yang sangat terpuji. seharusnya kita dapat mencontoh sifat-sifat para Rasul tersebut dan kita dapat menjadikan mereka sebagai idola bagi kita semua.

Mengidolakan rasul artinya mencintai rasul. Siapa yang mencintai rasul akan bersamanya di dalam surga nanti.

Para rasul adalah laki-laki pilihan Allah Subhanahu wata’ala Mereka wajib kita ketahui dan imani. Salah satu rukun iman adalah beriman kepada rasul. Seorang muslim wajib membenarkan semua rasul dengan sifat-sifat, kelebihan dan keistimewaan masing-masing. Para rasul berkewajiban menyampaikan risalah dan wahyu yang diterimanya itu kepada manusia.

Salah satu dari rasul Allah Subhanahu wata’ala adalah Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam Ia adalah teladan utama uswatun hasanah bagi manusia. Renungkanlah firman Allah Subhanahu wata’ala berikut ini.

لَقَدْ كَانَ لَكُمْ فِي رَسُولِ اللَّهِ أُسْوَةٌ حَسَنَةٌ لِمَنْ كَانَ يَرْجُو اللَّهَ وَالْيَوْمَ الْآخِرَ وَذَكَرَ اللَّهَ كَثِيرًا

Artinya: "Sungguh, telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagi-mu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari Kiamat dan yang banyak mengingat Allah." (Q.S.al-Ahzāb/33: 21)

Mari kita ikuti kisah teladan para Rasul berikut ini. 

A. Kisah Teladan Nabi Dāūd ‘alaihissalam

Nabi Dāūd ‘alaihissalam adalah salah seorang nabi dari Bani Israil, yaitu dari Sibith Yahuda. Ia merupakan keturunan ke-13 dari Nabi Ibrāhim ‘alaihissalam . 

NabiDāūd ‘alaihissalam hidup pada masa Raja Tālūt yang beriman dan Raja Jālūt yang kafir. Ketika itu terjadi peperangan antara tentara Tālūt dan tentara Jālūt. Tentara Tālūt dapat mengalahkan Jālūt serta bala tentaranya dengan izin Allah Subhanahu wata’ala, dan Nabi Dāūd ‘alaihissalam adalah salah seorang bala tentara Tālūt yang dapat membunuh raja Jālūt. 

Suatu ketika, sesudah Tālūt wafat, Nabi Dāwūd ‘alaihissalam diangkat menjadi raja, Allah Subhanahu wata’ala memberikan kerajaan dan ilmu pengetahuan kepada Nabi Dāūd ‘alaihissalam Kemudian Allah Subhanahu wata’ala mengangkatnya menjadi rasul dan memberikan karunia yang agung, yaitu kitab Zabur. Lihat dan bacalah firman Allah Subhanahu wata’ala berikut ini.

وَرَبُّكَ أَعْلَمُ بِمَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۗ وَلَقَدْ فَضَّلْنَا بَعْضَ النَّبِيِّينَ عَلَىٰ بَعْضٍ ۖ وَآتَيْنَا دَاوُودَ زَبُورًا

Artinya: 'Dan Tuhan-mu lebih mengetahui siapa yang (ada) di langit dan di bumi. dan Sesungguhnya telah Kami lebihkan sebagian nabi-nabi itu atas sebagian (yang lain), dan Kami berikan Zabur kepada Dāūd'. (Q.S. al-Isra'/17: 55)

Kitab Zabur adalah mu’jizāt bagi Nabi Dāūd ‘alaihissalam Selain Zabur, keistimewaan Nabi Dāūd ‘alaihissalam lainnya adalah setiap pagi dan senja gunung-gunung bertasbih mengikuti tasbih Nabi Dāūd ‘alaihissalam Ia juga memahami bahasa burung-burung. Binatang juga mengikuti tasbih Nabi Dāūd ‘alaihissalam. 

Selain itu, kerajaannya yang kuat belum pernah sekalipun dapat terkalahkan. Sebaliknya, Nabi Dāūd ‘alaihissalam selalu mendapat kemenangan dari semua lawannya. Ia menduduki takhta kerajaan selama 40 tahun. 

Di antara mu’jizāt Nabi Dāūd ‘alaihissalam adalah dapat melunakkan besi seperti lilin, kemudian ia dapat mengubah-ubah bentuk besi itu tanpa memerlukan api atau peralatan apa pun. Dari besi itu, ia dapat membuat baju besi yang dikukuhkan dengan tenunan dari bulatan-bulatan rantai yang saling menjalin secara berkesinambungan. Jenis baju ini membuat pemakainya lebih bebas bergerak, karena tidak kaku seperti baju besi biasa yang dibuat dari besi lembaran. Tentang mu’jizāt-nya ini disebutkan dalam SuratSaba‘/34: 10-11dan Surat al-Anbiyâ’/21: 80. Allah Subhanahu wata’ala memberi baju besi sebagai mu’jizat kepada Nabi Dāūd ‘alaihissalam guna melindungi prajurit dari serangan musuh Allah. 


Nabi Dāūd ‘alaihissalam adalah seorang Nabi yang amat taat kepada Allah, mempunyai kekuatan di dalam beribadah terutama salat malam dan berpuasa separuh tahun, yaitu sehari berpuasa dan sehari berbuka, berselang seling, serta banyak beramal sālih. Keberaniannya luar biasa, dia tidak melarikan diri ketika bertemu musuh. Keistimewaan Nabi Dāūd ‘alaihissalam lainnya, ia mempunyai suara yang sangat merdu yang tidak ada bandingannya dari dahulu hingga sekarang. Apabila ia bernyanyi melagukan isi kitab Zabur, maka gunung-gunung dan burung-burung ikut bertasbih bersama Nabi Dāūd ‘alaihissalam

Anak Sholeh dan sholehah dari kisah Nabi Dāūd diatas dapat kita ambil pelajaran yaitu:

§   Nabi Dāūd ‘alaihissalam menerima kitab Zabur

§   Nabi Dāūd ‘alaihissalam gemar bertasbih kepada Allah Subhanahu wata’ala

§   Nabi Dāūd ‘alaihissalam pencipta baju besi

§   Nabi Dāūd ‘alaihissalam bersuara bagus

§   Nabi Dāūd ‘alaihissalam gemar berpuasa

 Untuk lebih jelasnya kalian juga bisa menyaksikan video pembelajaran dibawah ini :




Untuk mengakhiri pembelajarankita hari ini, marilah kita tutup dengan berdoa :


Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Tugas :
1. Nabi Daud As adalah salah satu Nabi dari Bani ....
2. Nabi Daud As merupakan keturunan dari ....
3. Salah satu hasil karya ciptaan Nabi Daud As adalah ....
4. Sebutkan 2 sifat terpuji yang dimiliki oleh Nabi Daud As !
5. Sebutkan mukjizat Nabi Daud As !

Print Friendly and PDF

4 Responses to "Pertemuan 13 : Kisah Teladan Nabi Daud A.s."

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel