Pertemuan 4 : Memahami Allah Swt itu Ada
Memahami Allah itu Ada
Materi Pokok
Allah itu Ada
Kompetensi Dasar
3.2 Memahami Allah itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk
ciptaan-Nya di sekitar rumah dan sekolah
4.2 Melakukan pengamatan terhadup makhluk ciptaan Allah di sekitar
rurrah dan sekolah sebagai upaya mengenal Allah itu ada
Tujuan Pembelajaran
Melalui Model Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), peserta didik dapat :
Memahami Allah itu ada melalui pengamatan terhadap makhluk
ciptaan-Nya di sekitar rumah dan sekolah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan Awal
1.
Salam dan Doa
2. Tadarus
3. Pencegahan virus
Kegiatan Inti
Amatilah gambar berikut!
Dari gambar-gambar diatas, kalian tentu mampu membedakan. Ciptaan Allah dan buatan manusia.
Siapa yang menciptakan alam semesta beserta isinya?
Bagaimana kita mengenal pencipta
alam semesta beserta isinya?
Ayo, ikuti pelajaran ini,
Insya Allah kalian dapat membuktikan
adanya Allah Swt.
Pencipta disebut khalik, sedangkan yang
diciptakan disebut makhluk.
Beriman kepada Allah artinya percaya kepada Allah. Bukti adanya
Allah adalah adanya alam semesta dan semua isinya.
Adanya alam semesta, termasuk bumi yang kita huni sekarang ini
adalah bukti adanya Tuhan. Alam semesta ini berisi benda-benda. Di dalam
pelajaran ilmu pengetahuan alam terdapat benda mati, benda yang tidak bisa
bergerak, bertumbuh, berkembang, dan bernafas. Juga ada yang disebut sebagai
benda hidup yaitu benda yang bisa bergerak, bertumbuh, berkembang, dan
bernafas. Semua itu Allah Swt. yang menciptakan.
Sebagai umat Muslim, kita wajib meyakini adanya Allah dan bahwa hanya Allah yang mencipta, memiliki, menguasai, dan mengatur seluruh makhluk.
Meyakini bahwa
hanya Allah yang menghidupkan, mematikan, memberi rizqi, mendatangkan kebaikan,
hingga mendatangkan bencana. Allah yang mengawasi, mengatur, penguasa, pemilik
hukum, dan lain sebagainya yang menunjukkan kekuasaan tunggal bagi Allah SWT.
Dengan begitu,
seorang umat Muslim harus meyakini bahwa tidak ada seorang pun yang menandingi
Allah SWT dalam hal ini.
Pada saat berada dirumah, amatilah benda-benda
yang ada didalam rumah maupun diluar rumah. Terdapat benda yang mudah rusak
karena dibuat manusia. Terdapat benda yang dapat tumbuh dan berkembang karena
diciptakan oleh Allah Swt.
Pada saat di sekolah, amatilah berbagai macam
benda mati seperti meja, kursi, papan tulis dan sebagainya dan macam-macam
benda hidup seperti manusia, tanaman, dan sebagainya
Pada saat malam cerah, amatilah langit dihiasi
bulan dan bintang begitu indah. Pada saat siang yang hangat, bertamasya kita ke
pantai memandangi hamparan birunya samudra luas seolah tanpa batas.
Apa yang terlintas di pikiran kita saat itu?
Sebagai seorang manusia yang berakal dan
menyukai keindahan tentu kita akan kagum, dan takjub. Tetapi sebagai seorang manusia
yang beriman tak cukup hanya pada kekaguman semata. Karena sesungguhnya semua
itu adalah bukti bahwa Allah Swt itu ada, yang menciptakan sesuatu yang membuat
kagum manusia.
Kekaguman itu seharusnya membuat kita mengingat
Allah, sang Pencipta tunggal semua keindahan itu. Kekaguman itu hendaknya
menjadikan kita mampu untuk memahami dan meyakini adanya Allah Swt.
Anak-anak, untuk lebih memantapkan pemahaman tentang Allah itu Ada dan Maha Esa, kalian amati lebih lama sesuatu yang ada disekitar rumah dan sekolah, lalu renungkanlah!
Simaklah video berikut sebagai penguatan pemahaman tentang Allah itu Ada.
Kegiatan Penutup
Anak-anak, mari buat kesimpulan :
1. 1. Segala sesuatu
yang ada di alam semesta ada yang menciptakan.
2. 2. Pencipta alam semesta dan seisinya adalah Allah Swt.
3. 3. Sesuatu yang dibuat oleh manusia akan mengalami kerusakan.
4. 4. Melakukan
pengamatan terhadap benda-benda di sekitar rumah maupun sekolah akan dapat
menunjukkan bukti bahwa Allah Swt itu Ada,dan menciptakan segala sesuatu.
Demikian pembelajaran kali ini, kita akhiri dengan bacaan :
“Alhamdulillah”
Penilaian
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
1.
Sebutkan 5 benda buatan manusia yang ada di
sekitar rumah!
2.
Sebutkan 5 benda yang diciptakan oleh Allah Swt
yang ada di sekolah!
3.
Apa perbedaan ciptaan Allah dan buatan manusia?
4. Mengapa pengamatan terhadap makhluk ciptaan
Allah Swt dapat memahami adanya Allah Swt.?
5.
Apakah yang kamu rasakan saat melihat ciptaan
Allah Swt?
1.sapu-karpet-kasur-pot bunga-kramik
ReplyDelete2.tanaman-ikan-air-bebatuan-tanah
3.ciptaan Allah sangat sempurna
Ciptaan manusia terbatas
4.karna kita merupakan golongan orang
yang bertaqwa
5.Subhanallah sangat sempurna dan tiada duanya
Nama : Nur Azizah
ReplyDeleteNo Absen : 21
1. Kursi,Meja,Lemari,Pintu,dan Jendela
2. Bebatuan,Tanah,Air,Udara,dan Ikan
3. Benda ciptaan Allah pasti lebih sempurna, walaupun memiliki kelebihan & kekurangan. Benda ciptaan manusia tidak sesempurna ciptaan allah
4. Karena Allah Swt yang menciptakan makhluk yang ada di bumi dan langit
5. Mengucapkan lafadz allah yang berbunyi subhanallah dan masya allah
Nama: Ardiansyah
ReplyDelete1. Kursi,lemari,meja,pintu,sapu
2. Tanah,udara,ikan,tanaman,bebatuan
3. Ciptaan Allah: lebih sempurna,walaupun memiliki kelebihan dan kekurangan,contohnya manusia
- ciptaan manusia pastinya lebih banyak kekurangannya,misalkan robot
4. Karna kita termasuk golongan yg taat kepada Allah SWT
5. Mengucapkan *subhanallah* indahnya ciptaan allah
Huhuhu
ReplyDeleteM maulana zahri
ReplyDelete1.meja,sapu,pintu,jendela,kursi 2.ikan,air,udara,tanah,danbebatuan 3.ciptaan Allah sangat sempurna,ciptaan manusia tdk sempurna. 4.karena Allah swt yang menciptakan makhluk yang ada di bumi dan langit. 5.subhanallah sungguh indah ciptaanmu ya Allah.
Nama : karomah cahyaningsih
ReplyDelete1. Kursi,Meja,Lemari,Pintu,dan Jendela
2. Bebatuan,Tanah,Air,Udara,dan Ikan
3. Benda ciptaan Allah pasti lebih sempurna, walaupun memiliki kelebihan & kekurangan. Benda ciptaan manusia tidak sesempurna ciptaan allah
4. Karena Allah Swt yang menciptakan makhluk yang ada di bumi dan langit
5. Mengucapkan lafadz allah yang berbunyi subhanallah dan masya allah