PERTEMUAN 3 : BERANI BERTANYA
Berani Bertanya
Berani Bertanya
2 Semester 2
KD. 3.3 Memahami hadis yang terkait dengan anjuran menuntut ilmu
Dengan PJJ peserta didik dapat :
1. Meneladani sikap berani (bertanya) Nabi Saleh a.s. dengan benar
2. Mengetahui hadis yang berkaitan dengan ilmu
A. Pendahuluan
Mengucap salam
Membaca basmalah dan do’a hendak belajar
Anak-anakku yang baik, untuk mulai pembelajaran. Mari kita membaca do'a sebelum belajar bersama-sama dengan khusyu'
Kalian anak yang hebat !
Yuh.. untuk menambah amal ibadah kita, mari kita membaca asmaul husna secara bersama-sama dengan tenang dan khusyu'...
Anak-anakku yang soleh dan solehah. setelah kita membaca asmaul husna. karena ini masih masa pandemi, ingat selalu 3 M . Memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak. untuk lebih jelasnya mari kita saksikan video pencegahan covid-19 di bawah ini !
Anak-anakku yang pandai
Sesudah kita memahami pencegahan covid-19 dengan protokol kesehatan, selanjutnya yuh kita saksikan video pembelajaran tentang berani bertanya !
Anak-anakku yang hebat. untuk lebih menambah pengetahuan kita di dalam memahami materi, baca dan cermati serta pahami materi pembelajaran di bawah ini !
B. Materi
Sehingga dia orang yang pandai. Keberanian Nabi saleh a.s.
harus kita teladani agar kita menjadi orang pandai.
Oleh karena itu apabila kita tidak tahu tentang
pengetahuan, maka kita tidak boleh malu untuk bertanya. Karena sifat pemalu di
dalam berbuat baik bisa merugikan diri sendiri.
Seperti peribahasa :
“ Malu bertanya sesat di jalan”
Berani artinya tidak takut.
Orang yang berani tidak takut terhadap persoalan yang di
hadapinya.
Dengan sering bertanya, ilmu semakin bertambah
Dengan bertambah pengetahuan, kita menjadi orang berilmu.
Seorang muslim wajib menuntut ilmu. Ilmu adalah kunci
segala kebaikan.
Menuntut/mencari ilmu bermanfaat bagi manusia. Orang yang
berilmu ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT.
Mengapa mencari ilmu
itu penting ?
Hal ini karena :
1. Menuntut ilmu adalah ibadah
2. Untuk membuktikan kekuasaan Allah SWT
3. Menjadikan orang pandai
Orang
yang belajar harus memperhatikan pelajaran dengan baik, sehingga apa yang
dipelajarinya dapat dikuasainya.
Orang
yang berilmu tidak sama dengan orang yang tidak berilmu. Banyak kelebihan yang
dimiliki oleh orang berilmu .
Apa saja
Kelebihan orang berilmu ?
antara
lain :
1. Allah SWT tunjukkan jalan menuju surga
2. Para malaikat sangat senang pada orang berilmu
3. Seluruh penghuni langit, bumi dan laut memohonkan ampun
untuk pencari ilmu
4. Orang yang berilmu merupakan pewaris para nabi
5. Orang berilmu orang-orang yang paling beruntung.
Menuntut/mencari ilmu hukumnya wajib bagi orang islam.
Nabi bersabda :
Ψ·َΩَΨ¨ُ Ψ§ΩْΨΉِΩْΩ
ِ ΩَΨ±ِΩْΨΆَΨ©ٌ ΨΉَΩَΩ ΩُΩِّ Ω
ُΨ³ْΩِΩ
ٍ
(Tolabul ilmi faridotun ‘ala kulli muslimin)
Artinya : “Menuntut Ilmu diwajibkan atas orang islam laki-laki dan
perempuan”.
Untuk selanjutnya mari kita nyanyikan
bersama lagu menuntut ilmu.
“MENUNTUT
ILMU”
( dinyanyikan
dengan lagu ‘Tik tik bunyi hujan’ )
Yo ayo
kita bersama menuntut ilmu
Ilmu
agama dan pengetahuan
Cobalah
lihat orang berilmu menjadi pandai dan berguna
C. Penutup
Anak-anakku yang baik, untuk mengakhiri pertemuan kali ini, mari di tutup dengan bacaan
hamdalah dan membaca surat al-asr bersama-sama
PENILAIAN
A. Isilah
titik-titik dibawah ini dengan benar !
1. Sifat pemalu di dalam berbuat baik akan
merugikan ...
2. Malu bertanya sesat di ...
3. Berani artinya ...
4. Mencari ilmu itu penting karena ...
5. Kelebihan orang berilmu antara lain ..
Jg fjfghffvhhhgfhjffhhgddfhfhhfgjhfg, πππππ❤π©ππππππππ€©π€π€©π€§π€§π·π€₯π€€ππ₯π₯ππ»π½πΉππΌπΎπ€πππ¨⚕π¨π€π§♀️ππ♂️ππ♂️π♂️πππππππππππππππππππππππππππππππππππππππππππππ½ππΏππ₯π¨π₯π¨π½ππΏππ₯π¨π₯π¨π½ππΏππ₯π¨π₯π¨π½ππΏππ₯π¨π₯π¨π½ππΏππ₯π¨π₯π¨πππΈπ·πππΈπ·πππΈπ·πππΈπ·πππΈπ·πππ±ππ ππππ±ππ ππππ±ππ ππΉπ°π±π₯ππππΈπ·π¨π¨π¨π¨π¨ππ₯π π°π₯¦ππ πΉπ£π₯πΎππ£
ReplyDeletefjsjfkfkflbcmbcmbmcmbkkdmcmbfvkhtvrtixdjfevurwurwdjeueueuwyeyuiy. tirutwruwu5utieπ₯πΎyfyfyrπ₯ππ₯weyh ut'rπ₯ππ£r9tjdgfyrπutkππ π£ππ£ππΎeπΎπ₯tπΉππ£ππ£πππ₯ππ£ππππππππππππππππππππππππππππππππππππππππππππππππππππ½ππΏππ₯π¨π₯π¨π½ππΏππ₯π¨π₯π¨π½ππΏππ₯π¨π₯π¨πππΈπ·πππΈπ·πππΈπ·πππΈπ·πππΈπ·πππΈπ·πππΈπ·πππΈπ·πππ±ππ ππππ±ππ ππππ±ππ ππππ±ππ ππ ππ ππ πππππΌ✝⛪πππππΌ✝⛪πππππΌ✝⛪πππππΌ✝⛪π⚡π °ππ―ππ⚡π °ππ―ππ⚡π °ππ―ππ⚡π °ππ―ππ⚡π °ππ―ππ⚡π °ππ―ππ⚡π °ππ―πππ£ππ£ππ£ππ£ππ£ππ£ππ£ππ£π☀π☀π☀π☀π⛽π¨⛽π¨⛽π¨⛽π¨⛽π¨πππππππππππ€π€¨π€π€ π πππππππππππ€π€¨π€π€ π πππππππππππ€π€¨π€π€ π πππππππππππ€π€¨π€π€ π πππππππππππ€π€¨π€π€ π πππππππππππ€π€¨π€π€ π πππππππππππ€π€¨π€π€ π πππππππππππ€π€¨π€π€ π πππππππππππ€π€¨π€π€ π πππππππππππ€π€¨π€π€ π πππππππππππ€π€¨π€π€ π πππππππππππ€π€¨π€π€ π πππππππππππ€π€¨π€π€ π πππππππππππ€π€¨π€π€ π πππππππππππ€π€¨π€π€ π πππππππππππ€π€¨π€π€ π πππππππππππ€π€¨π€π€ π πππ·π¦π¨ππππππππππππππππ€π€¨π€π€ π πππ·π¦π¨ππππππππ·π¦π¨ππππππππ·π¦π¨ππππππππ·π¦π¨ππππππππ·π¦π¨ππππππππ·π¦π¨ππππππππ·π¦π¨ππππππππ·π¦π¨ππππππππ·π¦π¨ππππππππ·π¦π¨ππππππππππππππππππ_/( * ∆ * )\_ππ_/( * ∆ * )\_ππ_/( * ∆ * )\_ππ_/( * ∆ * )\_ππ_/( * ∆ * )\_ππ_/( * ∆ * )\_ππ_/( * ∆ * )\_πππ―π«πͺπ°☕π΄πΌππ―π«πͺπ°☕π΄πΌππ―π«πͺπ°☕π΄πΌππ―π«πͺπ°☕π΄πΌ
ReplyDelete