PENDIDIKAN AGAMA ISLAM & BP

Pertemuan 8. ALLAH MAHA PENCIPTA


ALLAH MAHA PENCIPTA
Kompetensi Dasar: 

3.3. Memahami Keesaan Allah Yang Maha Pencipta berdasarkan pengamatan terhadap dirinya dan makhluk ciptaan-Nya yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah 

Tujuan Pembelajaran:  

Melalui pembelajaran Daring, peserta didik dapat: 

1. Menjelaskan Allah Maha Pencipta 

2. Mengamatan makhluk ciptaan Allah yang dijumpai di sekitar rumah dan sekolah 

Materi Pembelajaran

Tahukah kamu, bagaimana asal usul manusia?

Manusia berasal dari segumpal darah. Berada di rahim ibu selama sembilan bulan. Lahirlah kemudian menjadi bayi yang memiliki anggota tubuh yang lengkap. Pernyataan ini Allah abadikan dalam surat Al Alaq ayat 2 di bawah ini:


Sekarang amatilah anggota badanmu!

Kamu mempunyai dua tangan dan dua kaki. Memiliki pancaindra yang fungsinya berbeda-beda. Semua dapat digerakkan dengan mudah. Kita dapat berjalan atau berlari sesuai kehendak kita. Alangkah Mahakuasanya Allah menciptkan tubuh manusia.

Pernahkah kamu belajar alat pencernaan yang ada di dalam tubuh kita. Ada mulut, tenggorokan, lambung, dan usus besar. Semua bekerja sesuai dengan fungsinya. Membantu melancarkan sistem pencernaan kita. Makanan yang kita makan langsung diserap dan diolah menjadi sumber energi bagi tubuh kita. Sungguh hebat Allah menciptakan sistem pencernaan itu.

Itu semua adalah bukti-bukti kekuasaan Allah, yang tidak dapat ditandingi oleh manusia. Atas semuanya itu, kita wajib mensyukuri semua ciptaan Allah, dengan cara beribadah kepadanya. Dan jika kita mau bersyukur, niscaya nikmat itu akan ditambah. Namun sebaliknya, jika kita mengkufurinya, niscaya azab Allah sangat pedih. Sebagaimana tersebut dalam QS Ibrahim ayat 7 di bawah ini:


Lihat dan amatilah globe atau bola dunia !

Petakan apa saja yang tergambar dalam globe itu!

Ada daratan, lautan, sungai, bukit, gunung, danau, bukit, lembah, dan lain sebagainya. Semua tertata dengan rapi dan teratur. Siapakah pencipta alam yang tergambar dalam globe itu?

Allah menciptakan alam semesta ini sendiri. Ada gunung, ada sungai, ada bukit, dan ada lembah. Permukaan bumi ini tidak sama. Ada yang rendah dan ada yang tinggi. Ada yang rata dan ada yang bergelombang. Sungguh menakjubkan ciptaan Allah



Evaluasi

Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar !

1. Manusia diciptakan Allah dari segumpal ... .

2. Penciptaan manusia diabadikan dalam surah Al Alaq ayat ... .

3. Adanya daratan, lautan, sungai, bukit, gunung, danau, bukit, lembah adalah bukti ciptaan ... .

4. Apabila kita bersyukur atas ciptaan Allah, maka akan ditambah ... .

5. Jika kita mengkufuri nikmat Allah, akibatnya adalah ... .

Print Friendly and PDF

0 Response to "Pertemuan 8. ALLAH MAHA PENCIPTA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel