PENDIDIKAN AGAMA ISLAM & BP

Pertemuan 3. Makna QS An Nasr

Menjelaskan Makna QS An Nasr  (Pertemuan 3)

KEGIATAN AWAL



Aassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
1. Berdoa sebelum belajar silakan mengikuti video berikut !






2. Membaca Salawat, silakan simak dan baca bersama seperti video berikut !







3. Pesan Protokol Kesehatan, jaga kesehatan dengan cara cuci tangan sesering mungkin, pakai masker, jaga jarak minimal 1,5 meter. Simak video berikut:









4. Tujuan Pembelajaran
    Setelah mengikuti pembelajaran daring hari ini, peserta didik dapat menjelaskan makna surah An Nasr dengan benar.

KEGIATAN INTI
Setelah pertemuan yang lalu kita sudah membaca dan menulis surah An Nasr, marilah kita lanjutkan pembelajaran kita, yaitu menjelaskan makna surah An Nasr. Siapa di antara kalian yang dapat menjelaskan asbabun nuzul atau sebab turun surah An Nasr? Kalau belum, mari simak penjelasan materi di bawah ini.
Surat ini dinamakan surat An Nasr yang berarti pertolongan karena di dalamnya dibicarakan pertolongan Allah. An Nasr juga bisa berarti Kemenangan. Kemenangan ini berkat pertolongan Allah (Nasrullah). Kemenangan itu juga disebut Fathu Makkah, artinya terbukanya kota Mekkah. Pantas saja jika surah ini disebut Surah An-Nasr yang artinya pertolongan. Terhadap pertolongan ini Nabi dan sahabat mensyukuri dengan banyak memuji, bertasbih kepada Allah. Serta mohon ampunan/membaca istighfar kepada Allah. Karena sesungguhnya Allah adalah Maha Penerima Taubat.

Dari kisah dalam Surah An-Nasr, ada hikmah bahwa orang yang bersabar dan mau memaafkan pasti akan menang. Orang zalim pasti akan kalah. Segala nikmat adalah karunia dari Allah yang harus disyukur dengan memuji-Nya, bertasbih dan istighfar.

Kita terharu dengan sifat Nabi Muhammad saw. yang memberi maaf kepada bekas musuhnya. Berkat sifatnya itu, seluruh penduduk Mekkah akhirnya menjadi beragama Islam dan bersahabat dengannya. Tidak ada lagu kekafiran di Mekkah setelah peristiwa itu. Semoga kebahagiaan senantiasa dilimpahkan kepada Nabi Muhammad saw.
Nama An Nasr diambilkan dari ayat pertama surat ini. Terdiri atas 3 ayat dan diturunkan di Kota Madinah. Sehingga surah An Nasr disebut surah Madaniyah.
Isi kandungan surah An Nasr antara lain:
1. Surat An Nasr berisi kabar gembira bahwa Allah akan memberikan pertolongan dan kemenangan kepada Rasulullah, secara khusus dengan pembebasan kota Makkah (Fathu Makkah).

2. Surat An Nasr berisi kabar gembira bahwa manusia akan berbondong-bondong masuk agama Islam. Dan ini terbukti setelah Fathu Makkah, penduduk Makkah dan penduduk Arab berbondong-bondong memeluk Islam.
3. Surat ini merupakan salah satu mukjizat dan bukti kebenaran Al Quran karena apa yang dinyatakan Al Quran benar-benar terjadi. Yakni terjadinya Fathu Makkah dan manusia berbondong-bondong masuk Islam.
4. Surat An Nasr memberikan arahan untuk menisbatkan kemenangan kepada Allah. Bahwa kemenangan adalah pertolongan dari Allah dan harus diikuti dengan memperbanyak tasbih, tahmid dan istighfar.
Demikian ringkasan materi pembelajaran kita pagi ini. Untuk lebih detailnya, silakan simak video berikut:
Untuk evaluasi pembelajaran, silakan kalian bisa mengisi soal-soal dalam video di atas atau mintalah pada guru Agama Islam kalian.

KEGIATAN AKHIR



Demikian kegiatan pembelajaran daring tentang menjelaskan makna surah An Nasr hari ini. Mari kita tutup pertemuan dengan membaca doa kafaratul majlis. Klik tayangan di bawah ini !






Sekian dan terima kasih atas perhatian kalian. Sampai berjumpa pada pertemuan berikutnya ......
Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Print Friendly and PDF

0 Response to "Pertemuan 3. Makna QS An Nasr"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel